Got My Cursor @ 123Cursors.com
Sela Eka Putri: "catatan harian Bunda "

Senin, 23 Januari 2012

"catatan harian Bunda "


“bunda jahat ! bunda egois “ braaaak , suara pintu kamar yang aku banting , mengalahkan suara bunda yang masih saja mengomeli ku .

“keysaa , buka pintu nya , bunda masih mau ngomong “ bunda terus memanggil nama ku , aku tetap tidak bergeming . Ini sudah beribu – ribu kali nya kami bertengkar . setiap hari kami bertengkar , entah karena hal yang penting atau pun benar – benar sepele . Hari ini aku berantem lagi sama bunda , hal nya benar – benar sepele , bunda menunggu terlalu lama saat menjemputku . bukan salah ku kan kalau guru bimbelku ngaret 15 menit ? , Setengah mati aku berlari ke tempat mama menunggu , padahal jarak nya lumayan jauh . Sekolah ku memang sekolah unggulan dengan fasilitas terlengkap , dan terluas tentunya . Sampai di mobil tua bunda dengan nafas ngos – ngosan , bunda sudah memasang muka jengkelnya .

“kamu itu dari mana aja sih key , mama nunggu disini udah lama ! kamu itu gak ngehargain orang tua banget !”semprot bunda tanpa cela .

“tadi gurunya keluarnya telat bun , ngejer materi “ jawabku jujur

“ya kalian bilang dong kalau jam nya abis , kan gak mungkin gurunya mau ngotot ngajar “ bunda gak mau kalah

“udah dibilangin kok bun , tapi katanya tanggung “

“ya gak mungkin laah , itu sih kalian aja yang pada males pulang , kalian ini lagi jaman – jamannya males pulang , banyak banget alesannya , yang bimbel lah , maen lah apa lah apa lah “ bunda terus menceramahi ku . aku hanya diam , bingung mau menimpali apa .

“keysa ! kalo diajak ngomong orang tua itu jawab dong “

“keysa harus jawab apa sih bun , dari tadi keysa udah jawab jujur , tapi bunda tetep gak percaya kan ?”

“KEYSA ! kamu ini gak sopan ya ! jaga omongan kamu “ bentak bunda . Nah tuh kan , diem salah dijawab juga salah .

Begitu lah kegiatan kami sehari – hari , bertengkar – bertengkar dan bertengkar . Gak tau sejak kapan kami mulai bertengkar kayak gini , seingatku dulu kami begitu akur , jangankan bertengkar , berdebat pun gak pernah . Kami selalu satu suara , kompak dan saling mendukung .

“pagi sayang “ Kevin mengusap rambut ku .

“pagii “ jawab ku singkat .

“berantem lagi ya sama bunda ?” tebaknya tepat . pacar ku ini sudah sangat hapal dengan kebiasaan ku dan bunda itu.

“ya “

“sabar yaa , eh kamu udah sarapan ?” Tanyanya penuh perhatian

“udah kok “

“yaudaaah , aku anterin ke kelas ya ?” Kevin menggandeng tangan ku . Aku sangat sayang sama Kevin , dia laki – laki pertama yang menyatakan cinta nya pada ku .

Sampai nya dikelas , aku sudah disambut dengan teman – teman ku yang lagi sibuk menyalin pr .

“key , lo udah ngerjain pr “

“aku mengangguk , sambil menyerahkan buku pr ku “ Kevin kembali mengusap kepala ku , dan kembali ke kelasnya .

Saat pelajaran pertama dimulai, tiba – tiba speaker sekolah memanggil nama ku ,

“panggilan kepada Keysa Nabila Xll IPA 1 dan Kevin Pratama Xll IPS 3 , harap segera ke kantor “

“lo dipanggil tuh “ bela menyikut badan kurus ku ,

Aku meminta izin kepada guru metematika ku , sampai di kantor Kevin ternyata sudah sampai duluan .

“hey , adaa apaan ya ?”

“nih , surat dari Belanda “ Kevin senyum manis banget sama aku .

“Belanda ? kamu juga dapet ?”

“nih “ kami duduk di kursi kantor membuka surat beramppop coklat tadi ,

congratulations, you managed to get a scholarship student achievement from INDONESIA, please contact us again to take care of all the files

Yessss , aku berhasil mendapaykan beasiswa ke belanda , sekarang aku bisa bebas , aku bisa belajar mandiri dan yang pasti jauh dari bunda .

“Stop Keysa ! mau berapa kali pun kamu bujuk bunda , bunda gak akan berubah pikiran ! sekali enggak ya enggak ! “ Bentak bunda

“ tapi buuun , Keysa udah mati – matian dapetin schollarship ini bun , biaya kuliah , tempat tinggal udah ditanggung kok , keysa juga dikasih uang saku perbulan bun “

“ gak Keysa ! bukan masalah biaya ! “

“terus apa bun , terus apa ?”

“banyak keysa alesannya bayak !”

“kasih tau keysa bun , apa alesannya ??” aku mulai menanggis

“banyak ! lagian kamu ngapain sih sekolah jauh – jauh , disini kan juga banyak sekolah yang bagus “

“beda bun beda , disana kan “

“gak ada bedanya KEYSA ! semua sekolah sama aja ! “ potong bunda tegas . Pertengkaran selesai dengan aku yang berlari ke kamar seperti biasa .

Berhari – hari aku masih maraha sama bunda , aku males ngomong sama bunda , gitu juga bunda . Gak ada yang mau ngalah dan meminta maaf .

“Hey keysaa , ngelamun aja “

“hey Bel , kenapa ?”

“besok minggu ikut kan ?”

“kemana ? “ jawab ku polos

“ke pantai , semua biaya udah ditanggung uang kas kok “

“ oh , hemm belom tau Bell , aku harus bilang bunda dulu “

“okeee “

Aaaah , aku bingung , aku kan masih marahan sama bunda , masa sekarang aku bilang mau kepantai sih , tapi kalau aku gak bilang nanti ada apa – apa lagi , walaupun aku suka bertengkar sama bunda , aku kan masih patuh sama bunda hehe

“bun “

“kenapa key “ Bunda menjawab lemah , sepertinya bunda sakit , dari tadi sepulang sekolah aku liat bunda sudah tiduran di kamarnya.

“besok kelas Keysa mau ke pantai bun , Keysa mau ikut “

“hem , kenapa mendadak banget sih key ?”

“sebenernya gak mendadak bun , tapi Keysa kan kemaren sibuk ikut olimpiade jadi gak tau ada acara gituan , boleh kan bun “

“eem , memangnya bayar berapa , kamu punya uang ?”

“gak bayar bun , eeem gak ada bun ?”

“gak usah aja deh , kamu istirahat aja dirumah . kamu kan udah kelas 3 key , jagan main – main terus “

“tapi bun ini kan jalan – jalan terakhir keysa bun , semua temen keysa ikut ‘

“ya biarin aja temen – temen Keysa , kmu istirahat , pokoknya kamu gak usah kemana – mana besok “

“Bunda egois ! “ aku marah dan kembali kekamar .

Besoknya Bunda pergi , gak tahu mau kemana katanya sih ada acara kantor , aku sih gak perduli deh , kan aku lagi ngambek sama bunda . Hari minggu sendirian dirumah ? benar – benar menyebalkan . heem enaknya ngapain yaa ? liat –liat poto asyik kali yaa . Aku masuk kedalam kamar mama , semua album foto memang di simpen di lemari . Ini dia album potonya hehe , eh tapi ini apa “KEYSA NABILA “ sebuah buku bertuliskan nama ku , sejak kapan aku punya buku kayak gini ?

Aku buka halaman pertama ,

Ada foto ku , bunda , dan ayah dibawah poto itu ada keterangannya 2 Oktober 1996 , Keysa Ayah Bunda di ulang tahun Keysa 2 tahun , Selamat ulang tahun ya keyy J

Halaman ke dua

Hari ini Keysa nangis terus , kangen ayah kata nya . Tapi ayah nya pergi udah dua hari gak pulang , maapin bunda ya sayang , Keysa sama Bunda aja ya ?

Oh ternyata ini buku harian bunda yaa ,

Halamana ke tiga

Keysa laper ya ? maaf ya bunda gak punya uang , Keysa sabar yaa , nanti bunda cari uang yang banyak buat Keysa . maafin bunda ya Key .

Halaman ke 4

Hari ini Keysa ngeliat bunda nangis ya . terus bilang kalo keysa sayang bunda dan mau jagain bunda terus , maksih ya sayang , bunda juga sayang keysa .

Halaman per halaman semua aku baca , semua tentang Keysa dan Keysa , aku terharu aku mengis sesegukan .

“ hari ini Keysa ngasih coklat , katanya hari ibuu tapi kasian keysa jadi gak jajan , maksih ya sayang “

Aku inget hari itu , hari ibu , aku Cuma ngasih bunda coklat seharga 500 an , tapi bunda seneng banget . Aku sedih banget , udah lama aku gak pernah buat bunda bahagia lagi , maafin aku ya bun .

“Hari ini dipanggil ke sekolah , KEYSA juara umum , maksih ya sayang , bunda bangga baget sama keysa maaf ya bunda gak bisa kasih HAPE seperti janji bunda , bunda gak punya uang , maaf ya key , Keysa sampe ngambek tadi “

Aku nanggis semakin kenceng , aku masih kelas 3 smp waktu itu , aku ngambek berhari – hari karna gak dibeliin hape . aku kesel sama bunda karna bunda ingkar janji . Aku gak mau ngomong sama bunda .

“ Keysa masih ngambek , maafin bunda dong sayang , nanti kalau bunda punya uang , pasti bunda beliin okee ? tapi Keysa jangan nyuekin bunda kayak gini , bunda jadi sedih“

“alhamdulilah , Keysa udah gak marah , walaupun hape jelek tapi Keysa udah seneng banget , makasih ya syang udah gak marah sama bunda “

“keysa masuk sma favorit , makasih ya sayang , Keysa memang anak bunda yang bisa bunda banggain “

“Keysa sekarang berubah , Keysa jadi suka marah dan ngambek , ini memang slah bunda , bunda gak pernah bisa buat Keysa bangga punya bunda kayak gini , iya sayang bunda memang egois maafin bunda , bunda gak bisa kasih kebahagiaan buat keysa , bunda Cuma bisa buat Keysa malu , maafin bunda sayang “

“sendiri lagi sendiri lagi , bingung mau ngobrol sama siapa , Keysa udah dikamar , dia pasti kecapen kasian Keysa“

“Keysa ngambek lagi , maaf ya sayang , bunda tau kok kamu udah berusaha keras buat dapetin beasiswa itu , bunda juga selalu doain Keysa berhasil , tapi maaf lagi Key bunda gak bisa jauh dari kamu , bunda gak punya siapa – siapa lagi disini , kamu benar key , Bunda egois , bunda terlalu takut untuk khilangan kamu , Bunda takut , bunda gak punya uang buat nengokin kamu disana sayang , maafin bunda sayang bunda memng egois “ Aku gak sanggup buat baca ini , gak bun aku yang egois , aku gak pernah mau ngertiin dan dengerin bunda , maaf bun maaf . Aku buka halaman terakhir , ini baru ditulis tadi malem .

“Aku lelah, lelah banget badan ini sakit semua, gak adayang tau , gak ada yang peduli dan gak ada yang nemenin , AKU SAKIT ! badan TOLOL ! ayoksehat , kamu harus cari uang untuk Keysa , sebentar lagi dia kuliah !! harusnya kamu gak sakit ! kasian keysa , besok dia mau main tapi aku gak punya uang , maaf key , bukannya bnda gak ngebolehin , tapi bunda gak mau kamu pergi kalau gak bawa uang , kasian nanti kamu iri sama temen temen kamu , maaf ya key “ aku sesegukan , aku gak pernah tau kalau bunda sakit , maaf bun maaf , aku memang anak durhaka .

Tiba – tiba hape ku bergetar , bunda ? kenaapa bunda ?

“hallo “

“ Hallo mbak Keysa , ini temennya bu KEKE “

“eeh iya om , kenapa ? bunda nya kenapa “ jawabku panik , kemana bunda

“Bu Keke , masuk rumah sakit mbak , tadi beliau tiba – tiba pingsan “

“ hah “ aku lemas , aku gak punya tenaga , aku bingung

“halo halo , mbak mbak ?”

“ya mas , saya kesana sekrang “

Aku dianter kevin ke rumah skit , aku langsung berlari ke UGD aku bingung dimana bunda .

‘Mbak keysa ya ?”

“iya mas “

“BU keke nya sudah di bwa ke ICU “

“hah ? memang bunda kenapa om ?”

“Ibu keke , Hipertensi mbak , tekanan darahnya tinggi banget tadi, saya juga kurang jelas mbak , mbak tanya langsung aja ke dokter ya “

“ibu mbak , sudah kami tanganni , untung segera dibawa kesini mbak , telat sedikit ibu anda bisa stroke bahkan meninggal “

“apa dok , terus gimana keadaan ibu saya dok , kapan saya bisa nemuin beliau ?” aku nanggis dipelukan Kevin .

“masa kritisnya sudah lewat , beliau sudah sadar , tapi anda baru bisa menemui beliau saat jam besuk “

“terima kasih dok “

“bunda “

“keysaa ?” maavin bunda ya Key maavin bunda , bunda buat kamu susah “ bunda menganggis meminta maaf

“enggak bun , enggak , keysa yang minta maaf , keysa egois , gak pernah mau dengerin bunda ,maaf bu maaf “

“Keysa anak baik , Bunda sayang Keysa “
“keysa sayang bunda , Bunda cepet sembuh ya “

“maksih syang “ bunda mencium pipi ku , mulai saat ini aku bertekad akan menyayangi dan mendengarkan bunda , aku sadar bukankah gak ada orang tua yang akan menjerumuskan anaknya , aku berjanji akan jadi ANAK yang TERBAIK buat BUNDA J

2 komentar:

Anonim mengatakan...

nice :)

Anonim mengatakan...

kangen ibu dirumah jadinya ;(

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya :)